8 Strategi Branding Top of Mind

KEYWORD – Ketika Anda memikirkan kata “fast food”, kira-kira restoran mana yang pertama kali muncul di benak Anda? Apakah menurut Anda McDonalds, Burger King, atau restoran lain? Nah, apa yang Anda sebutkan itu adalah bukti dari sebuah keberhasilan strategi branding top of mind.

 Branding telah menciptakan kesadaran utama Anda sebagai pelanggan. Lalu jika Anda memiliki sebuah bisnis atau sedang berkerja sebagai staf marketing, konsep strategi pemasaran untuk menguatkan branding ini memiliki implikasi yang sangat besar, terutama untuk usaha yang masih kecil.

Strategi Branding Top of Mind

Saat Anda membangun merek, menciptakan brand awareness atau kesadaran merek sangat penting untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Tujuan dari branding top of mind di sini tentunya adalah agar pelanggan memikirkan bisnis kecil Anda terlebih dahulu ketika mereka membutuhkan.

Untuk membantu Anda membangun brand awareness, ada beberapa tips untuk membantu Anda meningkatkan kesadaran brand top of mind.

1. Buat Brand yang Mengesankan

Tahukah Anda bahwa sekitar 34% pelanggan yang melakukan pembelian mengambil pertimbangan yang sangat lama untuk bisa menyelesaikan pembelian yang diinginkan.  

Artinya, ada kemungkinan bahwa lebih dari separuh calon pelanggan Anda menunggu dalam waktu yang lama untuk membuat keputusan akhir membeli produk Anda.

Nah, jika Anda tidak memiliki kehadiran brand yang kuat dan rencana untuk menjaga merek Anda di benak pelanggan, maka Anda berisiko kehilangan lebih dari 60% penjualan Anda di masa depan.

Jika Anda baru memulai bisnis, pikirkan banyak hal mulai dari logo, warna merek, hingga kemasan produk  Anda. Pikirkan setiap elemen lain yang mendefinisikan merek Anda. Pikirkan tentang kesan yang ingin Anda berikan kepada pelanggan.

Jangan ragu untuk melakukan riset pemasaran formal atau bahkan hanya mengumpulkan pendapat tentang pilihan Anda dari teman dan rekan yang sekiranya sesuai dengan target pasar Anda.

Apabila Anda sudah membangun sebuah merek, cobalah untuk menguatkannya dengan sesekali meninjau kekuatan dan kelemahan akan merek yang sudah Anda bangun sebelumnya.

Strategi Branding Top of Mind
Strategi Branding Top of Mind

2. Gunakan SEO

Untuk membangun brand top of mind, Anda juga perlu memastikan bahwa pelanggan dapat menemukan produk Anda secara online dan Anda harus mulai menciptakan ketertarikan para target pelanggan Anda.

Mengenalkan produk bisnis Anda secara online merupakan sebuah hal yang wajar dilakukan di era digital saat ini. Kehadiran bisnis di dunia online merupakan bagian dari proses membangun merek untuk bisnis kecil.

Cobalah membuat situs web yang dioptimalkan untuk penggunaan seluler dan sering membuat tautan aktif, dan mengintegrasikan keyword agar bisa membangun kredibilitas merek Anda sambil memastikan calon pelanggan dapat menemukan produk bisnis yang sudah Anda ciptakan secara online.

3. Buat Konten yang Konsisten

Bisnis perlu membuat konten yang menarik dan konsisten sebagai bagian dari strategi untuk menciptakan brand top-of-mind. Anda perlu berinteraksi dengan pelanggan melalui postingan di situs web Anda dan di media sosial.

Situs website, Facebook, dan Instagram harus memiliki konten yang sekiranya menarik pelanggan untuk melihatnya.  Posting secara teratur di media sosial, tetapi jangan berlebihan juga.

Ada keseimbangan yang baik, karena jika bisnis memposting terlalu sering, Anda bisa berisiko kehilangan follower Anda. Anda perlu melangkah lebih jauh dan membuat pedoman untuk semua konten bisnis sehingga bisa konsisten menguploadnya.

Pertimbangkan keuntungan memposting konten di beberapa saluran sosial media untuk menjangkau audiens yang lebih luas, tetapi pastikan untuk menyesuaikan posting Anda agar sesuai dengan style setiap situs.

Menciptakan kehadiran bisnis yang konsisten di seluruh platform online memberi kesan kepada pelanggan bahwa bisnis Anda professional. Hal ini bisa membangun kepercayaan dan kredibilitas bisnis.

4. Strategi Branding Top dengan Mengenali Audiens Anda

Mengenali audiens adalah hal yang penting dalam strategi branding top of mind. Pada bagian strategi ini, Anda harus memiliki gagasan untuk memahami keinginan dan kebutuhan audiens.

Pastikan Anda bisa membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan audiens atau follower yang sudah Anda miliki.

 Nantinya, ketika Anda mendapatkan follower baru, cobalah berinteraksi dengan mereka ketika membalas postingan sosial media yang Anda upload.

Dengan Anda membalas komentar yang dintinggalkan oleh followers Anda, maka hal itu bisa menunjukkan bahwa Anda mendengarkan dan melihat apa yang mereka sampaikan.

5. Memberikan Layanan yang Sangat Baik

Apa pun jenis usaha yang Anda bangun, layanan yang Anda berikan adalah inti dari semuanya. Jangan khawatirkan tentang apa yang dilakukan oleh pesaing bisnis Anda. Cukup fokus pada layanan yang diberikan oleh pelanggan Anda.

Selalu ciptakan solusi terbaik untuk masalah atau complain yang dilontarkan pelanggan Anda. Jadi, ketika pelanggan Anda membutuhkan sesuatu yang ada kaitannya dengan produk Anda, maka brand yang sudah Anda bangun ini selalu muncul pertama di benak mereka.

6. Kenalkan Merek dengan Visual Storytelling

Mempromosikan nilai-nilai dan citra visual pada bisnis Anda juga bisa menjadi strategi efektif dalam membuat pelanggan setia dengan produk bisnis Anda. Ciptakan identitas visual untuk merek Anda dan libatkan pelanggan.

 Bentuk pemasaran Anda dengan memanfaatkan nilai dan visual merek akan orang menarik pelanggan membagikan konten yang Anda bagikan karena mudah dipahami.

Jadi cobalah untuk mengenalkan merek Anda dengan konten  yang lebih dalam berfokus pada masalah, atau minat yang terkait dengan kebutuhan pelanggan namun dibungkus dengan visual storytelling agar tidak membosankan.

7. Strategi Branding Top dengan Membuat Variasi Produk

Jika Anda perhatikan, hampir setiap brand besar di luar sana memiliki beberapa variasi produknya. Hal ini dikarenakan bisnis ingin memenuhi kebutuhan pelanggan yang berbeda.

 Jika Anda adalah bisnis berbasis layanan, beri pelanggan Anda kesempatan untuk menyesuaikan layanan berdasarkan preferensi atau kebutuhan mereka.

Bersikaplah sefleksibel mungkin dengan bisnis Anda dan selalu manfaatkan setiap kesempatan untuk mempromosikan bisnis Anda.

Hal lain yang sangat penting untuk dilakukan jika Anda ingin mencapai branding top of mind adalah selalu memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa kepada setiap pelanggan.

8. Kembangkan Strategi Pemasaran

Dengan marketing strategy, setiap aspek produk maupun layanan bisnis Anda bisa direncanakan dengan baik. Anda tidak boleh melewatkan aspek atau peluang apapun untuk mempromosikan bisnis Anda.

 Buat daftar platform tempat Anda akan beriklan, , anggaran yang diusulkan, hasil yang diharapkan dari upaya pemasaran, dll.

Setiap bisnis mencoba merangkul dan memaksimalkan saluran digital marketing, Anda juga bisa kok mengembangkan strategi dengan menjangkau pelanggan melalui billboard, surat kabar, radio, televisi, dan media tradisional efektif lainnya.

Kunci dari strategi branding top of mind yang kuat adalah menghadirkan pesan dan citra yang konsisten, karena memungkinkan audiens untuk memverifikasi keaslian merek bisnis Anda.

Hal ini bisa membantu memperkuat identitas brand Anda, memperkuat ingatan orang dengan brand bisnis Anda dan mendorong sentimen positif. Jangan lupa selalu kembangkan identitas merek yang solid di seluruh saluran sosial media, situs web, blog, dan lainnya.

Tinggalkan komentar