8 Peran Media Massa yang Perlu Anda Pahami

KEYWORD – Media massa adalah sarana komunikasi  baik tertulis, siaran, atau lisan  yang menjangkau khalayak baik  melalui televisi, radio, iklan, film, internet, surat kabar, majalah, dan sebagainya. Peran media massa sendiri sangat besar bagi persebaran informasi yang ada.

Media massa adalah kekuatan yang signifikan dalam budaya modern. Media massa bisa disebut sebagai budaya yang dimediasi karena mencerminkan dan menciptakan budaya baru. Lalu apa saja sih peran yang dimiliki dari media massa itu sendiri?

Peran Media Massa

Saat ini, masyarakat secara terus-menerus dibombardir dengan pesan dari banyak media massa mulai TV, radio, website, media sosial dan sebagainya. Pesan-pesan tidak hanya mempromosikan produk, tetapi juga berita terkini yang sedang terjadi di masyarakat.

Media massa memungkinkan akses informasi untuk menjangkau orang-orang dengan jarak ribuan kilometer.

Media massa tidak hanya berperan untuk menginformasikan tentang berita politik atau bisnis, namun juga beberapa berita kriminal, aktor, penyanyi, dan elit sosial lainnya. Berikut adalah peran dari media massa :

1. Menyebarkan Informasi

Penyebaran informasi berkaitan dengan menyajikan arus informasi atau berita publik tentang peristiwa yang terjadi di dalam negeri dan di dunia. Tentu saja menyebarkan informasi ini adalah peran yang paling jelas dari kehadiran semua komunikasi massa.

Media massa harus menampilkan berita dan informasi yang sifatnya terkini dan sesuai pada fakta yang memang benar-benar terjadi di lapangan. Media massa bekerja sebagai saluran yang menyebarkan berbagai macam informasi terkini menggunakan internet, layanan kabel, jaringan TV, surat kabar dll.

Informasi yang tersajikan oleh media massa juga beragam, mulai dari pendidikan, cuaca, olahraga, politik, isu nasional, lokal, dan global.

2.  Peran Media Massa Sebagai Pengawas

Peran media massa menjadi pengawas terbagi menjadi dua jenis, yakni :

  • Peringatan atau waspada ketika media menginformasikan kepada masyarakat tentang ancaman dari perubahan cuaca, hujan lebat, angin topan, dll
  • Pengawasan instrumental, ketika sebuah informasi media massa sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari manusia seperti, harga pasar saham, produk baru, resep, dan sebagainya.. Bahkan, sebuah judul FTV atau sinetron juga dapat melakukan peran pengawasan instrumental dengan menggambarkan gaya rambut atau pakaian baru dalam trend yang berubah.

Peran media massa sebagai pengawas ini juga memberikan keleluasan pada masyarakat untuk melaporkan berita tentang apa yang terjadi hari ini dan memperkuat kontrol sosial.

Pengawasan komunikasi massa yang menyeluruh dapat membuktikan disfungsional juga bagi masyarakat. Jika berita atau informasi tidak tersampaikan, terkadang hal itu berbahaya bagi masyarakat.

Misalnya, pemberitaan konflik komersial di beberapa daerah dapat mengakibatkan kerusuhan komunal di banyak daerah sehingga masyarakat yang tidak tahu dengan adanya kerusuhan tersebut tidak bisa mengantisipasi.

Kadang-kadang orang sering diperingatkan tentang kemungkinan banjir, hujan lebat atau angin topan, namun tidak percaya sampai benar-benar diberitakan. Nah, ketika hal tersebut tidak tersampaikan ke masyarakat, hal ini dapat menyebabkan kepanikan dan meningkatkan kecemasan masyarakat.

3. Menafsirkan Peristiwa kepada Masyarakat

Media massa juga memiliki peran sebagai interpreter yang erat kaitannya dengan kehadiran dari peran pengawasan.

Media massa mencegah konsekuensi yang tidak diinginkan dari komunikasi yang salah ditafsirkan. Orang-orang yang bekerja di media massa akan mengevaluasi dan menafsirkan peristiwa bagi pembaca.

Para pekerja media massa bisa memilih berita dan isu penting untuk menarik perhatian orang-orang dan tidak hanya memberikan informasi tentang peristiwa tersebut, tetapi juga memberikan informasi tentang makna utama dari peristiwa tersebut.

Dengan perannya sebagai interpreter, maka media massa mencegah stimulasi yang berlebihan dan modifikasi informasi yang berlebihan. Saat ini, banyak artikel analitis, dokumenter radio dan TV, diskusi panel tentang suatu peristiwa atau masalah yang ditampilkan di media massa.

Tentu peran media massa satu ini membantu seseorang untuk mengetahui sudut pandang informasi yang ada untuk mengevaluasi suatu masalah.

Ketika media massa tidak bisa menerjemahkan dengan baik peristiwa yang terjadi hari ini, maka masyarakat tidak bisa mendapatkan gambaran yang mendalam dan benar tentang peristiwa atau masalah yang sedang dihadapi hari ini.

4. Transmisi Nilai

Transmisi nilai adalah peran yang sepertinya sepele namun penting dari media massa. Hal ini disebut juga dengan peran sosialisasi. Masyarakat saat ini melihat, menonton atau membaca apapun dengan media massa dan tentu kehadirannya bisa dijadikan tempat untuk belajar nilai-nilai penting.

Media menghadirkan panutan untuk ditiru oleh orang-orang. Secara tidak langsung, media mengajari Anda dan masyarakat lainnya tentang teladan yang seharusnya, menunjukkan kepada semua orang bagaimana media massa seharusnya bertindak sesuai dengan nilai yang dijunjung masyarakat.

Pada satu tingkat, transmisi nilai melalui media massa akan membantu stabilitas masyarakat. Nilai-nilai dan pengalaman bersama diturunkan sehingga menciptakan ikatan bersama di antara satu masyarakat dan masyarakat lainnya.

5. Sebagai Hiburan

Hiburan adalah peran  yang paling jelas dari semua kehadiran media massa. Pentingnya peran hiburan dalam media massa telah berkembang karena orang-orang memiliki lebih banyak waktu luang.

Media massa membuat masyarakat lebih mudah mendapatkan hiburan hanya dengan mengandalkan program acara televisi, mendengarkan radio, membaca majalah dan sebagainya. Media massa memiliki peran yang baik dalam menghibur masyarakat sehingga tidak perlu ada usaha yang signifikan untuk merasa terhibur.

6. Peran Media Massa untuk Membangun Opini Publik

Peran penting lainnya dari media massa adalah untuk menciptakan opini publik tentang isu-isu nasional atau internasional.

Jadi, kehadiran media massa sendiri berupaya menciptakan opini publik dengan memberikan gambaran realistis tentang dunia, aktivitas para pemimpin, politik pemerintahan, dan lain-lain kepada khalayaknya.

Secara tidak langsung, media massa juga berusaha membangun opini publik melalui artikel khusus, editorial, dan sajian berita yang diinformasikan kepada khalayak.

Media massa juga bisa berperan untuk membujuk orang mengubah keyakinan, pendapat, sikap dan pemikirannya tentang sejumlah masalah seperti merokok, memilih, keyakinan agama, dll.

7. Membangun Kontak Dan Hubungan Sosial

Media massa juga berusaha menjalin dan merawat keterkaitan sosial di antara berbagai ras, suku, atau komunitas masyarakat.

Media massa menciptakan kontak dan keterkaitan sosial dengan memberikan pesan-pesan pengetahuan dan pengalaman bersama, misalnya kampanye penggalangan dana untuk dampak keluarga yang meninggal karena Covid-19 atau untuk melakukan kegiatan sosial tertentu.

8. Mempromosikan Ideologi Politik

Banyak tokoh politik mengandalkan media massa untuk mempromosikan ideologi, rencana, program, dan manifesto mereka kepada masyarakat. Dengan bantuan media massa, tokoh politik berusaha menciptakan opini publik yang menguntungkan mereka.

Media massa dapat berperan sebagai sarana dalam mempromosikan ideologi politik kepada publik, baik yang hadir melalui pemerintah atau partai politik.

Dari penjelasan di atas, dapat kami simpulkan bahwa media massa memiliki peran yang beragam. Pesan yang berbeda memiliki peran yang berbeda.

Namun, kehadiran media massa tetaplah didedikasikan untuk menjadi sumber informasi paling utama dalam masyarakat. Media massa menyajikan pesan kepada publik secara cepat dan menjadi sarana paling diandalkan oleh masyarakat untuk mengakses informasi apapun. 

Tinggalkan komentar