Pengertian Media Online dan Jenis Media Online

KEYWORD – Kata “media” berlaku untuk banyak hal di abad ke-21, mulai dari media massa media berita, media tradisional hingga berbagai bentuk media online yang mulai banyak bermunculan. Sebenarnya, apa sih  pengertian media online dan jenis media online itu sendiri?

Media sendiri adalah sarana yang membawa beberapa jenis informasi atau hiburan. Nah, dengan adanya kecanggihan teknologi saat ini, maka perpindahan informasi menjadi lebih mudah karena bisa Anda lakukan secara online. Jadi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan media online dan apa saja tipenya?

Pengertian Media Online

Sebelum munculnya era digital, bentuk media yang paling populer adalah apa yang sekarang disebut media analog atau tradisional yakni radio, surat kabar, majalah, billboard, banner, dan sejenisnya.

Revolusi teknologi telah membawa banyak jenis media baru yang sekarang memainkan peran utama dalam menyebarkan informasi dan hiburan kepada populasi di seluruh dunia.

Media sendiri mengacu pada jenis medium apa yang Anda peroleh untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan. Beberapa jenis media menjadi bagian dari masyarakat dalam menyebarkan pesan yang diperlukan kepada khalayak.

Media online sendiri adalah menginformasikan artikel, surat kabar dan berita yang disampaikan secara online dengan memanfaatkan internet. Dari situs web atau email hingga ponsel dan aplikasi streaming, segala bentuk komunikasi terkait internet dapat orang sebut sebagai media online..

Sebelum media online menonjol, ada dua media lain yang dahulunya mendominasi saluran komunikasi. Setidaknya ada 3 klasifikasi media yang perlu Anda ketahui yakni :

1. Media Cetak

Media cetak merupakan medium untuk berkomunikasi dengan cetak termasuk menyebarkan informasi melalui surat kabar, majalah, buku, spanduk, papan reklame, pamflet, brosur, kartu nama, dan banyak lagi.

2. Media Broadcast

Media broadcast mengacu pada penyebaran konten digital seperti video, audio, foto, dan konten tertulis melalui saluran siaran. Beberapa media broadcast terutama mengacu pada penggunaan TV, radio, film, dan saluran digital offline lainnya.

3. Media Online

Internet adalah hal yang sangat berperan penting dalam media online. Media online adalah ketika konten dibagikan melalui platform online dalam bentuk audio, video, dan teks dan dapat dibagikan di berbagai saluran.

Konten digital yang umumnya dibagikan di media online adalah :

  • Berita
  • Artikel
  • Infografis
  • Video
  • Ebook
  • Gambar-gambar
  • Video
  • Artikel  blog
  • Ulasan produk
  • Iklan
  • Testimonial
  • Postingan tamu
  • Vlog
  • Video musik
  • PDF online

Jenis Media Online

Jenis Media Online
Jenis Media Online

Pengertian media online dan jenis media online apa saja sih yang biasa digunakan oleh para pebisnis atau pemilik media untuk memasarkan kontennya?

Berikut adalah berbagai jenis media online yang sering digunakan untuk periklanan, pemasaran, dan jejaring sosial.

1. Situs Jejaring Sosial

Media sosial, yang paling umum dan banyak orang kenal sebagai situs jejaring sosial, adalah media online paling populer dan banyak  digunakan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Faktanya, ada lebih dari 3,6 miliar pengguna media sosial secara global.

Menurut survei, media sosial saat ini banyak digunakan untuk bisnis periklanan dan pemasaran melalui strategi dan konten. Tetapi tujuan utama dari jenis media online satu ini adalah untuk menghubungkan orang-orang di seluruh dunia.

Situs jejaring sosial paling populer saat ini adalah Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, Tumblr, LinkedIn, Snapchat, dan yang sedang hits, yakni TikTok. Anda bisa mengakses berbagai besar jenis konten hanya dengan mendaftar akun media sosial.

2. Situs Web

Situs web biasanya digunakan untuk menginformasikan berbagai berita, artikel, video, gambar dan sebagainya. Tujuan utama adanya situs web adalah menerbitkan konten melalui sebuah halaman baik melalui websitenya sendiri atau situs pihak ketiga.

Kehadiran situs website jelas untuk membangun melibatkan audiens, mengarahkan lalu lintas situs, menghasilkan prospek, dan mempertahankan pembaca. Situs merupakan alat yang diperlukan untuk mengupload berbagai macam konten.

Selain situs website yang biasa digunakan untuk menampilkan berita media online, ada juga situs blogging paling populer seperti WordPress dan Blogger yang bisa digunakan oleh individu.

Ada juga situs microblogging seperti Tumblr dan Twitter atau platform interactive social publishing seperti Medium atau Wattpad yang mana pengguna dapat menyumbangkan blog mereka sendiri.

3. Forum Online

Forum online adalah komunitas online yang mendorong berbagi pengetahuan dari pengguna dengan minat yang sama. Di sinilah orang dapat berkomentar, bereaksi, berdebat, dan mendiskusikan topik tertentu.

Forum online yang paling umum ditemukan adalah Reddit atau Quora. Selain dua situs tersebut, Anda juga bisa melakukan diskusi online di platform media sosial seperti di grup Facebook.

Forum online dianggap sebagai salah satu platform terbaik untuk mencari dukungan dan bantuan. Di sinilah sebagian besar pengguna media berkumpul secara online dan secara terbuka mendiskusikan topik tertentu.

4. Podcast

Podcast adalah serangkaian audio yang hanya berfokus pada tema atau subjek tertentu. Sekarang ini podcast adalah platform yang memungkinkan penggunanya berbagi pengetahuan melalui audio.

Anda tidak perlu membaca untuk mendapatkan informasi, Anda hanya perlu mencolokkan earphone atau menyalakan speaker untuk mendengarkan konten.

Sebagian besar podcast saat ini mengacu dari situs blog orang-orang yang memiliki wewenang untuk membicarakan topik tertentu. Tetapi ada beberapa platform yang menawarkan podcast harian seperti Spotify.

Di Spotify, Anda dapat menelusuri berbagai macam konten podcast yang bervariasi dari satu topik ke topik lainnya.

5. Media Sharing Networks

Media sharing networks berbeda dari situs jejaring sosial. Meskipun keduanya sering disalahartikan sebagai media yang sama, namun keduanya berbeda dalam tujuannya. Situs jejaring sosial bertujuan untuk menghubungkan orang, sedangkan media sharing networks bertujuan untuk berbagi media.

Saat ini, sebagian besar jejaring sosial juga digunakan untuk berbagi media. Sebagai bagian dari upaya inovatif untuk tetap mengikuti tren, media sharing networks menambahkan fitur seperti augmented reality, video langsung, TV, dan banyak lagi.

Beberapa jejaring sosial yang juga menggunakan media sharing ini antara lain Instagram, Snapchat, YouTube, dan TikTok.

Media sharing networks sangat berharga bagi merek dan bisnis yang ingin meningkatkan pemasaran. Digital marketing menggunakan media sharing networks untuk membangun kesadaran merek, menciptakan prospek, meningkatkan keterlibatan audiens, dan sebagainya.

6. Jaringan Kurasi Konten

Jaringan kurasi konten adalah sebuah media yang membuat orang bisa menemukan konten, lalu menyimpan atau membagikannya ke berbagai media online lainnya yang sedang tren. Biasanya, konten adalah jaringan yang berfokus pada kreativitas.

Contoh terbaik adalah Pinterest, yang mana pengguna dapat dengan mudah mencari ide, menyematkannya di board miliknya dan membagikannya di media sosial lainnya.

Jaringan semacam ini sangat visual, mengharuskan pengguna untuk memposting konten yang eye catching dan cukup menarik untuk disematkan. Jaringan kurasi konten adalah platform media online yang sangat baik untuk menciptakan kesadaran merek dan mendorong keterlibatan audiens.

7. Email

Email adalah alat yang cukup kuat yang untuk Anda gunakan dalam berkomunikasi. Untuk saat ini email adalah platform yang efektif dalam jaringan dan pemasaran. Faktanya, email marketing dianggap sebagai salah satu strategi pemasaran digital paling sukses.

Baik Anda menggunakan email untuk penggunaan pribadi atau tujuan kerja, email  adalah jenis media online populer yang bagus untuk strategi pemasaran dan berbagi informasi.

Sudah tahu ya pengertian media online dan jenis media online itu apa? Di era digital ketika internet mendominasi sebagian besar saluran komunikasi, banyak jenis media online yang bermunculan untuk memenuhi permintaan masyarakat akan kebutuhan informasi. Jadi, jangan heran jika ada banyak jenis media online.

Tinggalkan komentar