Pengaruh Iklan Terhadap Persepsi Konsumen

KEYWORD – Iklan telah membawa kemajuan dalam membangun kesadaran tentang produk atau layanan bisnis apapun di masyarakat. Pengaruh iklan terhadap persepsi konsumen memungkinkan mereka untuk memiliki pengetahuan tentang layanan atau produk sebelum melakukan pembelian.

Iklan saat ini telah berkembang dengan sangat bagus dan dikemas dengan kreativitas dan inovasi yang tinggi. Jenis-jenis iklan yang diproduksi akhir-akhir ini telah menunjukkan pengaruh yang besar di benak orang-orang. Kira-kira, apa saja ya pengaruh dari iklan ini terhadap persepsi konsumen?

Pengaruh Iklan Terhadap Persepsi Konsumen

Iklan sebagai bagian dari pemasaran dapat digambarkan sebagai alat bagi perusahaan untuk mempengaruhi persepsi konsumen ke arah yang diinginkan.

Situasi pasar saat ini bersifat sangat dinamis, konsumen yang terus tumbuh, namun juga diiringi dengan persaingan yang ketat

Oleh karena itu, sebuah bisnis apapun setidaknya perlu memiliki taktik periklanan yang menarik karena hal itu bisa memiliki dampak yang besar untuk mempengaruhi persepsi masyarakat seperti :

1. Mempengaruhi Keinginan untuk Membeli

Pengaruh iklan pada persepsi masyarakat bisa membangun keinginan mereka untuk membeli produk yang terus menerus dilihatnya.

Orang jadi tertarik untuk membeli apa yang sudah dilihatnya dari iklan. Gempuran yang terus menerus dari iklan bisa membuat masyarakat mengubah persepsi dalam dirinya dan tertarik untuk membeli produk yang  sudah dilihatnya dari iklan.

Iklan secara tidak langsung juga berdampak pada stabilitas ekonomi masyarakat. Hal ini meningkatkan penjualan perusahaan yang jika dijumlahkan bisa menguntungkan status ekonomi negara.

2. Membuat Masyarakat Jadi Skeptis

Iklan telah meningkatkan kesadaran masyarakat dengan terus memperbarui aktivitas pasar seperti produk apa yang diluncurkan oleh perusahaan X? Berapa harga pasar dari produk tersebut? Apa kegunaannya? Bagaimana cara menggunakannya? Dan seterusnya.

Iklan memungkinkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam kejadian pasar yang sedang berlangsung secara aktif. Dengan kata lain iklan mempengaruhi perilaku konsumen.       

3. Menciptakan Ekspektasi Pada Sebuah Produk

Dengan munculnya ikan yang sering dilihat bagi masyarakat, maka apa yang dilihat atau dibacanya ini bisa menciptakan ekspektasi. Bisa jadi persepsi yang dimiliki masyarakat terhadap apa yang mereka ekspektasikan ini realistis, namun juga bisa tidak realistis.

Misal, fitur-fitur yang ada di iklan biasanya lebih bagus dari apa yang sebenarnya diiklankan. Namun ada juga yang umumnya bentuk produk yang diiklankan tidak sama secara nyata dan mengecewakan konsumen.

4. Mempengaruhi Persepsi Orang

Iklan juga bisa mempengaruhi apa yang dipersepsikan oleh seseorang. Misal, awalnya dia mendengar bahwa produk X  jelek dari apa yang dikatakan orang, namun karena seringnya dia melihat dan mendengar iklan yang dikemas dengan bagus, maka persepsinya bisa berubah.

Anda misalnya, ingin membeli mobil dan mengalami dilema apakah akan membeli mobil tersebut atau tidak. Dalam hal ini, ketika Anda menyaksikan banyak iklan mengenai brand mobil tersebut secara terus menerus, maka iklan tersebut dengan cara tertentu akan memprovokasi Anda untuk membeli.

Ya, secara tidak langsung, pengaruh iklan terhadap persepsi konsumen juga turut mengendalikan pikiran orang yang tertarik dengan memenuhi keinginan mereka. Begitu kuatnya pengaruh iklan pada pengendalian persepsi orang bukan?

5. Mempersuasi Masyarakat

Jenis-jenis iklan yang diproduksi akhir-akhir ini telah menunjukkan pengaruh yang besar di benak orang-orang dengan mempersuasi mereka melalui taktik periklanan yang menarik. Taktik periklanan di era ini telah menunjukkan dampak yang besar untuk mengubah persepsi dan benak masyarakat.

Saat ini kebutuhan manusia hampir dipenuhi oleh sumber iklan. Hampir setiap produk saat ini diiklankan untuk menjangkau kelompok orang yang dalam skala yang menguntungkan perusahaan dengan peningkatan penjualan.

Cara Membuat Iklan Terlihat Bagus

Pengearuh Iklan Terhadap Persepsi Konsumen
Cara Membuat Iklan

Apa sih yang membuat iklan bagus? Apakah iklan harus berupa gambar atau video? Apakah iklan harus sesuatu yang tertulis. Nah, bagi Anda yang ingin sekali iklan yang dimiliki terlihat bagus dan menarik minat masyarakat untuk membeli produk yang Anda iklankan, cobalah menggunakan trik ini :

1. Buat Visualiasi yang Menarik

Visual adalah salah satu hal pertama yang dilihat orang saat melihat iklan. Dalam periklanan, sebuah gambar bernilai seribu kata. Misalnya, Anda mungkin melihat beberapa iklan yang sebagian besar hanya berupa gambar dengan sedikit teks.

Nah, visual iklan yang bagus harus melengkapinya dengan judul iklan, copy ads dan pesan secara keseluruhan.

2. Buat Headline yang Efektif

Meskipun Anda mungkin telah menghabiskan waktu berjam-jam, berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan untuk menyiapkan konten di balik iklan, namun semua terasa percuma jika headline atau judul Anda tidak menarik.

Saat ini, rata-rata orang yang menggunakan Google hanya membutuhkan waktu 8 detik untuk mencari iklan dan mengkliknya sesuai judul yang dilihat menarik.

Jadi, cobalah untuk membuat headline utama yang sesuai dengan audiens sehingga secara alami mereka suka dan mengklik konten yang Anda buat.

Mengapa demikian? Sebab headline secara implisit adalah hal pertama yang diperhatikan audiens Anda. Headline Anda harus menarik perhatian tetapi juga harus mencakup keseluruhan pesan dalam kalimat pendek.

Konten iklan dapat menggugah pikiran, sangat informatif, lucu, dll., tetapi headline yang efektif membuat pembaca tertarik mengklik iklan dan membaca konten Anda secara keseluruhan.

3. Tulis Copy Ads dengan Baik

Jika headline dan visual Anda cukup efektif untuk membuat audiens tetap membaca iklan Anda, maka pastikan buatlah copy ads yang ditulis dengan baik. Ya, copy ads menjadi aspek berikutnya dari iklan Anda yang akan mendorong audien untuk mengambil tindakan.

Buat copy ads yang kreatif, ringkas dan mudah dibaca tetapi juga memiliki konten yang menarik dan relevan. Hindari menggunakan jargon atau informasi berlebihan yang tidak berkontribusi langsung pada keseluruhan pesan iklan.

4. Buat Call to Action (CTA)

Tanpa ajakan bertindak atau call to action yang kuat, iklan Anda mungkin tidak akan mendapatkan hasil yang diharapkan. CTA didefinisikan sebagai sesuatu dalam iklan yang memberi formula untuk menghubungi Anda sekarang.

CTA iklan Anda harus dipikirkan dan ditentukan dengan baik. Pastikan informasi kontak Anda terlihat jelas dan tidak berantakan. Membuat CTA yang menarik bisa membuat orang mengunjungi situs bisnis Anda.

Nah, dari CTA ini pada akhirnya kunjungan situs audiens bisa saja berkonversi menjadi penjualan yang signifikan. Berikut adalah beberapa faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat menyusun CTA :

  • Lebih dari 90% pengunjung yang membaca judul Anda juga membaca CTA Anda.
  • Buatlah CTA terlihat seperti tombol karena itu akan menciptakan peningkatan 45% ketertarikan orang untuk mengklik iklan Anda.
  • Email dengan satu CTA  meningkatkan klik 371% dan penjualan 1617%.

Setelah Anda menulis iklan, baca lagi. Koreksi tulisan Anda dan rewrite seperlunya. Tahap proofreading sama pentingnya dengan tahap menulis karena memiliki kesalahan dalam iklan akan menghancurkan kredibilitas bisnis Anda.  Kebanyakan orang mengabaikan iklan yang memiliki kesalahan tata bahasa.

Secara keseluruhan, iklan yang bagus pasti akan terhubung ke audiens bisnis Anda. Buatlah ikan  yang mudah diingat, informatif, dan menarik sehingga audiens menanggapi CTA Anda.

Tinggalkan komentar