Fungsi dan Tujuan Press Release

KEYWORD – Pernahkah Anda mendengar atau memperhatikan bahwa banyak bisnis menggunakan press release untuk berkembang? Apakah Anda bertanya-tanya mengapa press release itu penting? Apa sih fungsi dan tujuan press release?

Apakah press release adalah strategi yang dapat digunakan untuk keuntungan bisnis? Jika Anda bekerja di bagian humas dalam sebuah perusahaan, ada baiknya jika Anda mengetahui fungsi dan tujuan di balik sebuah press release.

Apa Itu Press release?

Sebelum mengetahui apa itu fungsi dan tujuan press release, ada baiknya jika Anda memahami pengertian dari press release itu sendiri.

Press release adalah salah satu hal yang penting dalam strategi pemasaran bisnis untuk menghasilkan penjualan. Pres rilis adalah pernyataan resmi yang dapat Anda berikan kepada pers.

Press release atau disebut sebagai berita singkat dan menarik yang ditulis tentang perusahaan atau produk yang Anda tawarkan. Pres release umumnya ditulis oleh seorang humas atau tim Public Relation dalam sebuah perusahaan, bukan oleh tim marketing.

Setelah terproses, press release kemudian dikirim ke berbagai media yang mungkin menemukan cerita menarik dari press release tersebut dan memuatnya ke dalam media. Selain ke media, press release juga bisa diposting ke situs, blog, atau halaman media sosial Anda sendiri.

Saat membuat press release atau siaran pers untuk bisnis Anda, Anda perlu memastikan bahwa  Anda sudah memasukkan informasi yang paling penting, seperti:

  • Apa
  • Siapa
  • Di mana
  • Kapan
  • Bagaimana
  • Mengapa

Siaran pers juga harus ditulis dalam bentuk orang ketiga, mengutip sumber-sumber penting dan harus memiliki kutipan yang menarik dari orang-orang yang bersangkutan. Beberapa press release umumnya terbit ke dalam beberapa media massa seperti :

  • Koran
  • Majalah
  • Program radio
  • Program¬† berita TV
  • Blog
  • Media online

Press release tertulis biasanya terdiri dari 500 kata. Sangat penting untuk menyingkat press release Anda menjadi satu halaman saja.

Fungsi Press Release

Banyak bisnis, baik besar maupun kecil, menggunakan media sosial sebagai cara untuk mempromosikan merek dan menciptakan interaksi dengan pelanggan dan calon pelanggan.

Media sosial telah mengubah cara tradisional bisnis dalam membuat kampanye pemasaran semakin mudah. Secara umum, fungsi dari press release itu sendiri adalah :

1. Membangun Kredibilitas Perusahaan

Jika Anda mencari cara untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas di industri Anda, maka membuat press release dapat membantu upaya tersebut. Anda pasti ingin sekali membuat orang tertarik dengan produk perusahaan Anda, nah press release bisa berfungsi sebagai alatnya.

Misal, jika ada sebuah topik tertentu yang viral dan ada kaitannya dengan bisnis Anda, maka press release bisa menjadi alat untuk menyampaikan informasi tersebut kepada masyarakat.

Sebagai contoh, bumi sedang terancam kelestariannya karena sampah sementara perusahaan Anda menjual berbagai produk yang telah mengembangkan cara inovatif untuk melindungi planet, maka Anda perlu membagikan informasi tersebut kepada orang lain.

Dengan berbicara tentang berbagai aspek bisnis dan berbagi pengetahuan, maka perusahaan akan lebih memiliki kredibilitas.

2. Bisnis Mendapatkan Eksposur Instan

Siaran pers biasanya dibuat untuk berbagi berita atau informasi yang spesifik dan tepat waktu. Dengan demikian, rilis akan dibuat sehingga media online atau cetak dapat membagikannya segera setelah Anda mempublikasikannya.

Press release sangat bermanfaat jika perusahaan Anda memiliki acara yang akan datang atau Anda mengumumkan rilis produk.  Press release dapat meningkatkan lalu lintas situs web Anda.

Jutaan orang online setiap hari untuk mencari informasi dan mencari cerita menarik. Jika Anda tidak menggunakan press release untuk keuntungan Anda, Anda kehilangan banyak eksposur.

Nah, karena ada batas waktu dan banyak perusahaan media ingin menjadi paling pertama dalam mengumumkan berita terbaru, maka press release ini bisa berfungsi sebagai kesempatan untuk mendapatkan eksposur instan pada  bisnis Anda.

3. Menyampaikan Konferensi Pers

Terkadang, press release tidak hanya berfungsi sebagai media untuk menyampaikan informasi mengenai produk atau citra pada perusahaan Anda, namun juga bisa digunakan sebagai undangan konferensi pers.

Pada umumnya, press release berisikan undangan kepada seluruh awak media untuk berkenan meliput acara konferensi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan, lembaga atau instansi.

4. Mengenalkan Bisnis Anda ke Masyarakat

Press release disusun untuk bisa memberikan informasi paling dasar kepada masyarakat. Fungsi dari press release tentunya jelas, ingin mengenalkan perusahaan Anda ke khalayak umum. Anda bisa memanfaatkan press release ini untuk menempatkan tautan ke situs atau sosial media bisnis Anda.

Jika masyarakat berpikir bahwa press release Anda menarik dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang perusahaan atau produk Anda, mereka pasti langsung melihat  tautan ke situs atau sosial media bisnis Anda.

Pada akhirnya, press release tidak hanya dapat mengenalkan perusahaan Anda, tetapi juga dapat mengubah prospek menjadi penjualan.

Tujuan Press Release

Perlu dicatat bahwa press release bukanlah iklan. Seorang PR dalam sebuah perusahaan yang menulis press release tidak secara otomatis menjamin bahwa media manapun akan menerbitkannya.

Wartawan akan meninjau informasi dan memutuskan apakah press release yang ditulis unik atau relevan dengan basis pembaca media mereka. Oleh sebab itu, perusahaan harus membuat press release dengan hati-hati untuk memberikan informasi yang menarik. Lalu apa sih tujuan press release itu sendiri ?

1. Share Informasi ke Masyarakat

Pres release bertujuan untuk menginformasikan sesuatu yang baru dan signifikan dalam sebuah perusahaan.  

Press release bertujuan untuk menginformasikan media tentang peristiwa tertentu dengan harapan media akan menyebarkan berita tersebut. Press rilis juga bisa dijadikan sebagai sarana pemasaran.

Pres release juga dapat digunakan untuk menginformasikan pembaca tentang acara mendatang atau menyoroti pencapaian sebuah perusahaan.

Setelah dirilis dan sekiranya press release menarik, maka media massa akan meliputnya dan jika perusahaan diberitakan oleh media, maka hal itu akan memperluas jangkauan bisnis dan meningkatkan upaya pemasaran perusahaan.

2. Promosi

Tujuan utama adanya press release tentu saja berkisar pada promosi. Jadi, press release juga bertujuan untuk mempromosikan merek perusahaan di media sosial, blog, dan situs web.

Press release yang dibuat oleh PR sangat penting mengingat internet menjadi sumber informasi terkaya. Banyak orang setiap harinya mengakses internet sehingga kehadiran press release penting sebagai media promosi.

3. Memacu Wartawan Menulis Berita tentang Perusahaan

Terakhir, press release juga digunakan sebagai sarana untuk memacu wartawan menulis artikel berita dan cerita feature tentang perkembangan perusahaan.

Maka dari itu, jika Anda adalah seorang PR, maka Anda harus benar-benar memperhatikan cara penulisannya agar wartawan tertarik untuk menuliskan berita mengenai perusahaan.

Bisa dibilang fungsi dan tujuan press release sangat penting dalam sebuah bisnis skala kecil atau besar. Sebagai PR, Anda dapat memperluas jangkauan promosi Anda melalui press release ini.

Anda adalah orang yang paling berperan dalam mengontrol narasi dari press release perusahaan. Press release bisa menjadi alat yang memastikan Anda menjangkau audiens target dan dapat membantu bisnis menarik pelanggan yang ideal.

Tinggalkan komentar