Apa Saja Fungsi dan Tujuan Press Release Media?

Fungsi dan Tujuan Press Release Media

Pernahkah Anda mendengar atau memlihat bisnis yang menggunakan press release untuk metode promosi mereka? Apakah Anda bertanya-tanya mengapa press release itu penting? Apa sih fungsi dan tujuan press release?

Apakah press release adalah strategi yang dapat digunakan untuk keuntungan bisnis? Jika Anda bekerja di bagian humas dalam sebuah perusahaan, ada baiknya jika Anda mengetahui fungsi dan tujuan di balik sebuah press release.

Apa itu Press release?

Sebelum mengetahui apa itu fungsi dan tujuan press release, ada baiknya jika Anda memahami pengertian dari press release itu sendiri.

Press release adalah pernyataan resmi yang dapat Anda berikan kepada pers. Press release juga bisa diartikan sebagai berita singkat yang berisi tentang kegiatan perusahaan atau produk yang Anda tawarkan. Press release umumnya ditulis oleh seorang humas atau tim Public Relation dalam sebuah perusahaan, bukan oleh tim marketing.

Setelah dibuat, press release kemudian dikirim ke berbagai media yang mungkin menemukan cerita menarik dari press release tersebut dan memuatnya ke media. Selain ke media, press release juga bisa diterbitkan ke situs, blog, atau halaman media sosial Anda sendiri.

Saat membuat press release atau siaran pers, Anda perlu memastikan bahwa informasi yang paling penting sudah masuk ke dalamnya, seperti 5W+1H. Selengkapnya bisa kamu baca di artikel berikut ini:

Adapun press release, selain bisa terbit di situs resmi perusahaan, juga bisa terbit di beberapa media massa seperti :

–       Koran

–       Majalah

–       Program radio

–       Program  berita TV

–       Blog

–       Media online

Press release tertulis biasanya terdiri dari 500 kata. Namun sangat penting untuk menyingkat press release Anda menjadi satu halaman saja agar redaksi mudah mengolah dan menerbitkannya.

Fungsi Press Release

Fungsi Press Release Media

Banyak bisnis, besar maupun kecil, menggunakan media sosial untuk mempromosikan merek dan menciptakan interaksi dengan pelanggan dan calon pelanggan. Media sosial telah mengubah cara tradisional bisnis dalam membuat kampanye pemasaran semakin mudah.

Namun… Media Sosial Saja Tidak Cukup

Saat ini, terlalu banyak brand bermunculan, Anda harus bisa terlihat berbeda dan paling penting terpercaya. Untuk mendapatkan kepercayaan tersebut, bukanlah hal mudah. Anda perlu testimoni dari pembeli, reputasi di marketplace, dan followers (pengikut) yang cukup banyak di Sosial Media.

Tapi pernahkah Anda terpikirkan, dari semua faktor meningkatkan kepercayaan tersebut, ada satu yang sangat efisien dan semua orang mengakuinya, yaitu Brand Anda Tampil di Media Nasional.

Dengan tampilnya brand Anda di media nasional, siapapun akan mengakui keaslian Anda, karena seperti kita tahu, media adalah tempatnya informasi ter-valid bermuara.

Untuk lebih lengkapnya, berikut telah kami rangkum fungsi dan tujuan press release:

1. Membangun Kredibilitas Perusahaan

Jika Anda mencari cara untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas di industri Anda, maka membuat press release dapat membantu upaya tersebut. Anda pasti ingin sekali membuat orang tertarik dengan produk perusahaan Anda, nah press release bisa berfungsi sebagai alatnya.

Misal, jika ada sebuah topik tertentu yang viral dan ada kaitannya dengan bisnis Anda, maka press release bisa menjadi alat untuk menyampaikan informasi tersebut kepada masyarakat.

Sebagai contoh, bumi sedang terancam kelestariannya karena sampah sementara perusahaan Anda menjual berbagai produk yang telah mengembangkan cara inovatif untuk melindungi planet, maka Anda perlu membagikan informasi tersebut kepada orang lain.

Dengan berbicara tentang berbagai aspek bisnis dan berbagi pengetahuan, maka perusahaan akan lebih memiliki kredibilitas.

2. Bisnis Mendapatkan Eksposur Instan

Siaran pers biasanya dibuat untuk berbagi berita atau informasi yang spesifik dan tepat waktu. Dengan demikian, rilis akan dibuat sehingga media online atau cetak dapat membagikannya segera setelah Anda mempublikasikannya.

Press release sangat bermanfaat jika perusahaan Anda memiliki acara yang akan datang atau Anda mengumumkan rilis produk.  Press release dapat meningkatkan lalu lintas situs web Anda.

Terbit di Media Nasional Sekarang Juga!

 Jutaan orang online setiap hari untuk mencari informasi dan mencari cerita menarik. Jika Anda tidak menggunakan press release untuk keuntungan Anda, Anda kehilangan banyak eksposur.

Nah, karena ada batas waktu dan banyak perusahaan media ingin menjadi paling pertama dalam mengumumkan berita terbaru, maka press release ini bisa berfungsi sebagai kesempatan untuk mendapatkan eksposur instan pada  bisnis Anda.

3. Menyampaikan Konferensi Pers

Terkadang, press release tidak hanya berfungsi sebagai media untuk menyampaikan informasi mengenai produk atau citra pada perusahaan Anda, namun juga bisa digunakan sebagai undangan konferensi pers.

Pada umumnya, press release berisikan undangan kepada seluruh awak media untuk berkenan meliput acara konferensi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan, lembaga atau instansi.

4. Mengenalkan Bisnis Anda ke Masyarakat

Press release disusun untuk bisa memberikan informasi paling dasar kepada masyarakat. Fungsi dari press release tentunya jelas, ingin mengenalkan perusahaan Anda ke khalayak umum. Anda bisa memanfaatkan press release ini untuk menempatkan tautan ke situs atau sosial media bisnis Anda.

Jika masyarakat berpikir bahwa press release Anda menarik dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang perusahaan atau produk Anda, mereka pasti langsung melihat  tautan ke situs atau sosial media bisnis Anda.

Pada akhirnya, press release tidak hanya dapat mengenalkan perusahaan Anda, tetapi juga dapat mengubah prospek menjadi penjualan.

Tujuan Press Release

Tujuan Press Release Media

Perlu dicatat bahwa press release bukanlah iklan. Seorang Public Relation (PR) dalam sebuah perusahaan yang menulis press release tidak secara otomatis menjamin bahwa media manapun akan menerbitkannya sesuai yang perusahaan mau.

Wartawan akan meninjau informasi dan memutuskan apakah press release yang ditulis unik dan relevan dengan basis pembaca media mereka. Oleh sebab itu, perusahaan harus membuat press release dengan hati-hati untuk memberikan informasi yang menarik.

Lalu apa sih tujuan press release itu sendiri ?

1. Share Informasi ke Masyarakat

Press release bertujuan untuk menginformasikan sesuatu yang baru dan signifikan dalam sebuah perusahaan.

Press release bertujuan untuk menginformasikan media tentang peristiwa tertentu dengan harapan media akan menyebarkan berita tersebut. Press release juga bisa dijadikan sebagai sarana pemasaran.

Mau PASTI TERBIT di Media Nasional? Hubungki Kami!

Press release juga dapat digunakan untuk menginformasikan pembaca tentang acara mendatang atau menyoroti pencapaian sebuah perusahaan.

Setelah dirilis dan sekiranya press release menarik, maka media massa akan meliputnya dan jika perusahaan diberitakan oleh media, maka hal itu akan memperluas jangkauan bisnis dan meningkatkan upaya pemasaran perusahaan.

2. Promosi

Tujuan utama press release tentu saja berkisar pada promosi dan validasi. Jadi dalam press release, bisa mencantumkan merek perusahaan, media sosial, atau situs web.

Selain promosi, press release juga bisa sebagai tempat klarifikasi jika ada berita simpang siur tentang perusahaan Anda.

3. Memacu Wartawan Menulis Berita tentang Perusahaan

Terakhir, press release juga sarana memacu wartawan untuk menulis artikel berita atau cerita feature tentang perusahaan. Maka dari itu, jika Anda adalah seorang PR, maka Anda harus benar-benar memperhatikan cara penulisannya agar wartawan tertarik untuk menuliskan berita mengenai perusahaan.

Bisa dibilang fungsi dan tujuan press release sangat penting dalam sebuah bisnis skala kecil atau besar. Sebagai PR atau pemilik, Anda dapat memperluas jangkauan promosi melalui press release ini.

Anda adalah orang yang paling berperan dalam mengontrol narasi dari press release perusahaan. Press release bisa menjadi alat yang memastikan Anda menjangkau audiens target dan dapat membantu bisnis menarik pelanggan yang ideal.

Tinggalkan komentar