Definisi Press Release dan Jenis-Jenisnya

Definisi press release dan jenis-jenisnya

Sebelum membahas definisi press release, kami mau bercerita dulu. Belakangan kami sering menerima pesanan jasa press release media dari perusahaan, instansi, komunitas, maupun personal.

Kebanyakan mereka memakai siaran pers untuk personal branding, memberitakan suatu acara, bahkan produk yang segera dipasarkan. Mereka semua memanfaatkan press release untuk mendapatkan hal yang lebih dari popularitas, yaitu elektabilitas.

Kepercayaan adalah hal yang sangat-sangat dicari saat ini. Siapapun kamu, kalau hanya populer alias terkenal, tidak akan menghasilkan lebih kalau tidak terpercaya.

Maka dari itulah kami memilih tagline “Populer Aja Nggak Cukup!” Oke, cukup intermezzo-nya. Sekarang, mari kita masuk ke pembahasan utama soal definisi press release.

Namun Apa itu Press Release?

Jika melihat strukturnya, artikel press release mirip sekali dengan artikel pada umumnya. Namun, press release dan artikel opini punya perbedaan yang sangat kontras.

Meskipun sama-sama menyampaikan informasi, press release punya perbedaan mendasar pada perincian data yang dituliskan dengan sederhana, jelas, dan padat. Sehingga dapat memudahkan jurnalis di berbagai media untuk menerbitkan draft rilis yang dibagikan.

Definisi Press Release

Menurut Cambridge Dictionary, press release atau siaran pers merupakan pernyataan publik yang diberikan khusus kepada pers untuk segera dipublikasikan (jika mereka mau). Sedangkan menurut Forbes, press release adalah alat untuk menyampaikan informasi kepada publik.

Berbeda dengan artikel yang biasanya yang bebas mengangkat berbagai topik dengan gaya bahasa yang santai, penggunaan huruf, kalimat, dan kata yang tidak terbatas. Penggunaan bahasa pada press release cenderung lebih formal dengan memerhatikan keterangan tempat, waktu, peristiwa, sampai fakta pendapat (narasumber) yang paling esensi, sesuai cerminan yang ingin digambarkan dari sebuah instansi maupun personal.

Selain itu, penulisan press release tidak boleh terlalu panjang. Biasanya, satu sampai dua lembar saja sudah sangat cukup. Dalam keterbatasan tersebut, press release harus mampu menjawab pertanyaan 5W+1H (what, when, where, who, whom + how).

apa itu press release?

Penulisan press release juga harus signifikan dan unik supaya lebih ringkas. Pemilihan topik hanya berfokus pada bagian penting dari informasi yang dirasa wajib untuk diketahui khalayak.

Ketika menulis press release, posisikan diri sebagai pembaca. Tanyakan pada diri sendiri, “Puaskah saya membaca press release ini?” atau “Apakah saya cukup paham dan mengerti apa yang ingin disampaikan usai membaca press release ini?”

Untuk membantu memahami bagaimana penulisan press release. Keyword.co.id sudah merangkumnya di artikel berikut ini: Cara Menulis Press Release

Membahas press release, biasanya muncul pertanyaan, “Apakah press release hanya diperuntukkan untuk kebutuhan perusahaan? Acara apa saja yang dapat menggunakan press release?

Umumnya, memang press release adalah alat komunikasi antara pihak perusahaan, media, dan pembaca (audience). Namun seiring berjalannya waktu, press release juga kerap digunakan sebagai alat konfirmasi dan klarifikasi akan suatu kejadian penting atau momentum yang bersifat publik.

Sebagai contoh, ketika mahasiswa menggelar aksi demonstrasi, mahasiswa menggunakan press release sebagai klarifikasi peristiwa, hasil konsolidasi, agar tidak salah persepsi. Mereka meyakinkan publik soal aksi aman dan kondusif saat mereka beraspirasi.

Jenis-Jenis Press Release

Sebenarnya ada banyak sekali bentuk dan fungsi press release. Namun hingga saat ini, ada enam jenis press release yang paling sering dipakai perusahaan maupun peronal seperti berikut ini:

1. General news

jenis-jenis press release

General news adalah jenis press release yang paling sering digunakan dan berisi tentang jalannya peristiwa atau acara. Supaya semakin kaya, penulis biasanya diarahkan untuk menambahkan data pelengkap seperti .

Press release jenis general news merupakan dasar dari press release sebagai sumber informasi dan promosi yang baik untuk sebuah peristiwa, momentum, acara, ataupun produk.

2. Launch release

Launching produk menggunakan press release

Seperti namanya, press release jenis launch release merupakan rilis yang dipakai perusahaan dalam peluncuran produk baru.

Gaya penulisan yang dipakai oleh jenis ini biasanya detail karena menjabarkan rincian sebuah produk dan menawarkan sesuatu yang baru dan berbeda dari produk lainnya yang sudah pernah ada.

3. Event press release

Promosi event lewat media nasional? Press release media solusinya. Berikut arti dari press release

Tentu press release jenis ini akan berisi lengkap tentang penyelenggaraan acara. Biasanya, press release ini khusus disajikan untuk pengunjung acara. Santai, jelas, rinci, dan informasi lengkap terkait acara atau kejadian yang sudah berlangsung adalah gaya penulisan dari event press release.

4. Product press release

Apa itu siaran pers

Terlihat mirip dengan launch press release, tetapi sebenarnya sedikit berbeda. Product press release lebih fokus terhadap rincian dari produk yang diluncurkan, tidak membahas terkait acara peluncuran, ide pembuatan produk, dan sebagainya.

Dari press release ini, publik akan lebih mengenal produk lewat spesifikasi dan keunggulan yang ditawarkan.

5. Expert position press release

pengertian rilis media nasional

Press release yang satu ini dipakai untuk mengumumkan perubahan posisi, penggantian pemimpin, atau segala sesuatu yang berurusan dengan perusahaan. Expert position press release berisi informasi, data, dan biografi sosok yang akan dipublikasikan.

Selain itu, press release yang satu ini juga bertujuan untuk menjelaskan kemampuan seseorang dalam sebuah bidang tertentu. Press release ini berisi pendapat dan rujukan dari pihak ketiga supaya perusahaan bisa melihat kredibilitas pihak pertama sebagai calon perekrut jasa.

Definisi sudah, tips dan jenis-jenis press release juga sudah dijelaskan. Untuk poin terakhir adalah praktik!

Nah, dalam proses penulisannya ada hal-hal kecil namun penting untuk diperhatikan:

1. Beri tanda “untuk penayangan segera” dan ketentuan tanggal maksimal jika press release ditargetkan untuk secepatnya terbit.

2. Gunakan judul yang bisa merangkum isi press release dalam satu kalimat yang menggambarkan isi press release.

3. Jika perlu, cantumkan informasi tentang instansi atau lembaga terkait di bagian akhir naskah. (boleh terpisah)

4. Jangan lupa cantumkan nama, alamat instansi, fax, nomor telepon, e-mail, situs dan kontak person yang bisa dihubungi untuk ditanyai lebih lanjut soal isi press release.

Sekarang sudah cukup paham kan bagaimana struktur press release? Bagaimana? Apakah kamu siap terbit di berbagai media nasional?

Atau… kamu belum punya waktu untuk membuat draft-nya? Tenang, biar kami yang buatkan, GRATIS!

Konsultasikan ke kami sekarang juga! KLIK

Tinggalkan komentar