Contoh Press Release yang Disukai Oleh Media

Ketika sebuah perusahaan memiliki sesuatu yang baru dan menarik, maka tim yang mewakili Public Relation (PR) tentu harus membuat sebuah press release untuk menyampaikan informasi tersebut. Namun, bagaimana ya cara membuat sebuah press release? Seperti apa contoh press release?

Bagi yang baru pertama mendengar press release, mungkin akan bingung dengan bagaimana cara membuatnya. Namun tenang saja, mungkin contoh-contoh press release di bawah ini bisa memberikan Anda gambaran seperti apa contoh dari press release itu.

Pengertian Press Release

Press release adalah pengumuman, pernyataan, atau cerita singkat dan menarik dari sebuah perusahaan dengan tujuan agar media mau mempublikasikannya.

Hampir 80% PR menggunakan pers release sebagai bagian dari strategi pemasaran perusahaan. Beberapa topik yang umumnya menjadi fokus dari press release sendiri adalah :

  1. Mengumumkan produk atau layanan baru
  2. Perubahan  kepemilikan perusahaan
  3. Mensponsori acara atau bisnis
  4. Mengubah nama perusahaan atau produk
  5. Menerima endorsement atau penghargaan
  6. Membuat kontribusi untuk amal
  7. Membuka cabang perusahaan
  8. Undangan mengadakan konferensi mendatang
  9. Menandatangani klien besar

Komponen Utama Membuat Press Release

Pers release berkualitas memiliki 4 komponen utama:

1. Judul

Tulis pers release pada kop surat  atau institusi Anda, dan letakkan informasi berikut di bagian atas halaman:

  • PRESS RELEASE
  • Tanggal pers release
  • Untuk Rilis Segera
  • Informasi Kontak

Judul harus pendek dan “menarik” perhatian pembaca. Ketik dalam HURUF BOLD dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari ukuran font di body surat press release.

2. Body

Kalimat pertama harus menyatakan apa yang terjadi, dan satu atau dua kalimat berikutnya harus memberikan informasi tambahan. Pastikan Anda menulis sesuai dengan fakta.

Gunakan kalimat pendek dan jelaskan dengan detail namun seminimal mungkin. Pastikan ketika orang membaca paragraf pertama Anda, mereka bisa menebak tentang apa yang akan terjadi.

3. 5W+1H

Tulis press release dengan formula 5W+1H, yakni apa yang akan terjadi, kapan dan di mana? Mengapa informasi layak diberitakan? Siapa yang diberitakan dan bagaimana?

4. Informasi Kontak

Ulangi informasi kontak Anda di bawah body surat atau tambahkan informasi tambahan, seperti situs web bisnis atau nama sosial media perusahaan.

Contoh Press Relase
Contoh Press Release

Contoh Press Release Produk

PRESS RELEASE

10 Juli 2021

Untuk Rilis Segera

Informasi Kontak

Kania (024-75475647)

Five Motors Meluncurkan Mobil Baru, Cocok Untuk Keluarga Dengan Anggaran Minim

10 Juli – Five Cars, salah satu perusahaan terbaik di industri otomotif, telah meluncurkan mobil dengan model baru yang dinamakan “FIVE 200” pada acara peluncuran di Gedung Graha Muda, Jakarta tanggal 9 Juli 2021. Peluncuran mobil ini bertujuan untuk melayani kebutuhan keluarga dengan anggaran kecil.

Inovasi ini telah membawa revolusi dalam industri, dan membuat masyarakat Indonesia tertarik. Kehadiran Five 200 sangat ditunggu dan banyak orang yang sudah melakukan pemesanan.

Mobil dengan harga yang sangat terjangkau ini menawarkan kenyamanan pengendara dan secara efisien bisa untuk kebutuhan keluarga. Five 200 mewujudkan impian jutaan orang yang ingin membeli mobil keluarga dengan harga 70 jutaan saja.

Keluarga dengan pendapatan menengah ke bawah kini mampu membeli mobil prestisius tanpa membebani keuangan keluarga. Ide untuk mewujudkan mobil berkualitas dengan harga terjangkau sebenarnya sudah cukup lama muncul, tetapi Five Motors baru bisa mewujudkannya di tahun 2021 ini.

Menurut CEO Five Motors, Wang Andi, perusahaan tertarik menciptakan mobil SUV keluarga dengan harga murah karena ingin mewujudkan keinginan masyarakat.

“Five Motors selalu melayani kelompok berpenghasilan lebih tinggi dengan menciptakan mobil SUV kelas atas. Namun sekarang, kami menargetkan kelompok pendapatan rata-rata juga, mengingat pendudukan Indonesia kebanyakan berpenghasilan menengah ke rendah.

“Meski demikian, poin yang perlu diperhatikan di sini adalah, perusahaan tidak memandang rendah kualitas. Mereka selalu menjaga kualitas terbaik dan berjanji untuk memberikan kualitas yang sama untuk semua modelnya”, ungkap Wang Andi di acara peluncuran Five 200 kemarin.

Five Motors sendiri sudah mampu bertahan dalam persaingan selama bertahun-tahun karena selalu berpusat pada kualitas dan kepuasan pelanggan.

Five 200 sendiri hadir dengan fitur luar biasa. Mobil dirancang dengan baik, memiliki ruang yang cukup untuk menampung keluarga yang terdiri dari empat atau lima orang. Sensor parkir belakang dan airbag dibuat standar dan mesinnya adalah versi terbaru dari model perusahaan sebelumnya “FIVE 100”.

Mobil ini juga lengkap dengan jam analog, sound system standar, interior ambient, dan blind spot assist. Five Motors juga menjamin efisiensi bahan bakar.

“Five 200 diluncurkan agar terjangkau oleh kelompok berpenghasilan rendah tetapi tetap dibekali dengan fitur luar biasa”, ungkap Wang Andi.

Semenjak Five 200 diluncurkan, showroom Five Motors di seluruh negeri mengalami lonjakan yang begitu besar.

Contact person :

  • Danu Arsy(Head of Public Relation Five Motors)
  • Jalan Bukit Kenanga no. 15, Jakarta.
  • Telepon : 024-6878658
  • Situs : fivemotors.com

Contoh Press Release Pembukaan Cabang

PRESS RELEASE

26 Mei 2021

Untuk Rilis Segera

Informasi Kontak

Henny (024-75475647)

Yeppo, Sukses di Korea Selatan, Kini Membuka Franchise di Indonesia

Jakarta, 26 Mei 2021 /PRNewswire/ — Yeppo adalah restoran yang telah berkembang pesat di Korea Selatan sejak 2010.

 Kim Do Shin, pendiri dan CEO Yeppo hari ini mengumumkan bahwa konsep restoran cepat saji Korea miliknya telah memasuki arena franchise dan kali ini membuka cabangnya di Indonesia.

Yeppo, yang mulai buka pada tahun 2010 di Busan, Korea menjadi restoran fast food unik karena memanfaatkan makanan Korea fushion dan memiliki pertumbuhan tercepat dalam kategori makanan cepat saji modern.

“Membangun Yeppo tentu saja membutuhkan kerja keras, saya selalu menganalisis setiap prosesnya, dan menjaga visi Yeppo tetap terjaga. Saya meyakini sejak awal berdirinya, Yeppo bisa menjadi pelopor franchise dan merek nasional terkenal di Korea.

“Saya dan tim telah menahan ekspansi selama enam tahun untuk membuktikan konsep kami layak hingga akhirnya saya bisa membuka cabang ke 23, salah satunya di Jakarta”, ungkap Kim Do Shin yang diterjemahkan oleh translatornya.

“Yang menarik dari Yeppo adalah, kami menggunakan bahan-bahan Korea, melakukan fusion dengan setiap makanan tradisional daerah.”

Yeppo memiliki beberapa menu yang sudah terkenal seperti Kimchi Sujebi, Tteokbokki, Tokebi  dan masih banyak lagi. Kami berusaha meningkatkan mutu makanan menjadi sesuatu yang luar biasa,” ungkap Kim.

Keluarga Kim sendiri memiliki tradisi yang membanggakan dalam mengoperasikan restoran-restoran hebat selama beberapa generasi. Keunggulan yang sudah berlangsung lama ini terlihat dari segala sesuatu yang sudah tersajikan.

Konsep restoran KIM sangat cocok untuk masyarakat Indonesia yang suka mencari berbagai macam makanan rasa Korea.

Yeppo telah menghadapi berbagai tantangan di tengah saingan kompetitor. Yeppo selalu berusaha memberikan pilihan menu unik untuk disiapkan. Restoran Yeppo yang baru grand opening sendiri bisa ditemukan di Jalan Kebayoran Lama no. 35 Jakarta.

Contact person :

  • Henny Arsinta (Head of Public Relation Yeppo Korean Food Indonesia)
  • Jalan Kebayoran Lama no. 35 Jakarta.
  • Telepon : 024-75475647
  • Situs : Yeppokorean.com

Sebelum Anda mulai menulis pers release, penting untuk mempertimbangkan topik yang ingin Anda liput. Biasanya pers release harus memiliki satu fokus saja.

Jika tidak, Anda bisa beresiko kehilangan perhatian pembaca. Setelah melihat dua contoh press release di atas, Anda pasti akan merasa lebih mudah membuatnya.

Tinggalkan komentar