Cara Membuat Tape Singkong

Tape adalah salah satu jenis makanan khas Indonesia yang sudah terkenal di berbagai kalangan. Ada berbagai jenis tape yang dapat Anda pilih, salah satunya adalah tape singkong. Tape singkong dibuat dari bahan dasar singkong yang difermentasi dengan bakteri asam laktat dan juga dilengkapi dengan berbagai rasa, seperti gula, asam jawa, dan juga kacang-kacangan. Tape singkong memiliki rasa asam yang khas, sehingga menambah cita rasa dari makanan lainnya. Selain itu, tape singkong juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Berikut ini adalah cara membuat tape singkong yang sederhana dan nyaman:

1. Pertama-tama, Anda harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tape singkong. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain singkong, gula, garam, asam jawa, dan juga bakteri asam laktat. Anda juga perlu menyiapkan alat-alat seperti panci, sendok, dan juga mangkuk.

2. Setelah semua bahan dan alat disiapkan, Anda harus mencuci singkong dengan air bersih. Jangan lupa untuk menggosok singkong dengan sabut kelapa agar bersih dari kotoran.

3. Setelah itu, Anda harus mengupas kulit singkong dan potong-potong menjadi bagian kecil-kecil. Anda juga bisa memarut singkong jika ingin.

4. Setelah itu, Anda harus merendam potongan singkong dalam air garam selama kurang lebih 1 jam. Hal ini dilakukan agar singkong tidak berubah warna dan juga agar lebih mudah untuk difermentasi.

5. Setelah itu, Anda harus menyiapkan bakteri asam laktat yang akan ditambahkan ke dalam campuran. Bakteri asam laktat berguna untuk mengubah singkong menjadi tape.

6. Setelah itu, Anda harus mencampur semua bahan yang telah disiapkan tadi seperti gula, garam, asam jawa, dan juga bakteri asam laktat. Campuran ini kemudian dimasukkan ke dalam panci dan didihkan.

7. Setelah didih, Anda harus memasukkan potongan singkong kedalam panci dan aduk perlahan. Anda harus mengaduk campuran selama kurang lebih 15 menit hingga singkong menjadi lebih lembut dan berubah warna.

8. Setelah itu, Anda harus memindahkan campuran ke dalam wadah tertutup. Wadah ini kemudian dimasukkan ke dalam tempat yang lembab dan gelap selama kurang lebih 2-3 hari agar proses fermentasi terjadi.

9. Setelah tapai siap, Anda boleh menambahkan bahan lain seperti gula, garam, asam jawa, dan juga kacang-kacangan. Hal ini bertujuan untuk menambah rasa tape singkong.

10. Setelah itu, Anda harus memasukkan tape singkong ke dalam wadah yang berisi air dingin. Hal ini untuk mencegah proses fermentasi agar tape singkong tidak berubah rasanya.

Conclusion

Itulah cara membuat tape singkong yang sederhana dan nyaman. Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, Anda akan mendapatkan tape singkong yang lezat dengan rasa asam yang khas. Selain itu, tape singkong juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.