10 Cara Membuat Press Release (Siaran Pers)

KEYWORD – Press release adalah elemen penting dari setiap strategi tim Public Relation di sebuah perusahaan manapun. Cara membuat press release (siaran pers) sendiri cukup mudah karena seperti membuat sebuah straight news.

Press release biasanya memiliki topik tulisan mengenai perusahaan yang baru saja rilis produk, pengumuman acara, merger perusahaan dan sebagainya. Kira-kira, bagaimana sih cara untuk membuat press release itu sendiri?

Cara Membuat Press Release (Siaran Pers)

Press release adalah tulisan yang bertujuan untuk menarik minat wartawan untuk mau meliput topik lebih lanjut. Membuat pres release yang bagus seringkali merupakan langkah pertama untuk menarik minat media melakukan wawancara pada perusahaan.

Dalam bisnis, press release biasanya bertujuan untuk mengumumkan kemitraan, acara, perubahan struktural, produk baru, atau apa pun yang dianggap layak diberitakan.

Tujuan dari pres release adalah agar informasi dalam press release tersebut didistribusikan kepada target audiens dengan cara yang paling objektif.

Dari mengumumkan produk hingga memperkenalkan mitra bisnis baru, pres release adalah cara ideal untuk berbagi informasi dengan dunia mengenai hal-hal baik yang bisa perusahaan Anda lakukan.

Ada rumus dasar yang harus Anda pahami ketika ingin membuat press release, berikut adalah beberapa langkah penting tentang cara menulis siaran pers :

1. Pilih Bahasa yang Benar Dalam Membuat Press Release

Cara Membuat Press Release
Cara Membuat Press Release

Langkah pertama yang perlu Anda pertimbangkan ketika mempelajari cara membuat pres release adalah bahasa yang Anda gunakan harus benar dan jelas. Beberapa pres release selalu terburu-buru untuk mengumumkan informasi yang harus segera dirilis.

Biasanya pres release yang benar akan menggunakan kata-kata “UNTUK RELEASE SEGERA”. Nah, pastikan Anda menggunakan kalimat tersebut untuk ditempatkan di bagian atas dokumen.

Anda juga dapat menulis pres release lebih awal untuk acara mendatang, pastikan untuk menentukan tanggalnya dan sebagai gantinya gunakan kata-kata “TAHAN RELEASE SAMPAI” di bagian atas dokumen jika ingin menekankan timing yang tepat.

Anda yang ingin mengontrol kapan press release diinformasikan ke media dan publik, maka pastikan di atas dokumen sampaikan kalimat rilis dengan tepat dengan bahasa yang benar.

Memilih tanggal publikasi tertentu untuk rilis berita memungkinkan Anda mengatur kapan waktu yang tepat untuk menginformasikan berita yang akan media publikasikan. Saat Anda membagikan siaran pers, maka hal itu dapat sangat mempengaruhi keberhasilan kampanye content marketing perusahaan Anda.

2. Gunakan Logo Perusahaan

Pencitraan merek sangat penting ketika menulis pres release. Pastikan warna dan logo perusahaan Anda harus selalu ada di bagian judul. Perusahaan manapun akan selalu menerbitkan pres release dengan logo dan warna kebanggaan perusahaan.

Dokumen pres release yang menggunakan logo perusahaan akan membuat media dan pembaca tahu persis siapa yang membagikan informasi tersebut.

3. Pilih Kata Kunci yang Tepat

Sebelum menulis press release, Anda harus memilih kata kunci untuk mencoba dan memperluas jangkauan Anda secara organik. Kata kunci sangat penting untuk membuat pres release Anda dapat diakses dan memiliki peringkat lebih tinggi dengan mesin pencari.

Kata kunci juga dapat membantu media dan pembaca lebih memahami subjek dan isi pres release. Namun, pastikan jangan berlebihan dalam menuliskan kata kunci atau keyword ini. Kata kunci harus ditempatkan secara alami di seluruh konten daripada asal ditulis.

Biasanya platform distribusi siaran pers online bahkan hanya mengizinkan sejumlah keyword atau tautan yang ditargetkan. Pastikan untuk keyword dan tautan dengan bijak.

4. Buat Judul Press Release yang Menarik

Press release harus menggunakan judul atau headline sebelum masuk ke inti informasi. Setidaknya, Anda harus membuat judul yang menarik wartawan dan masyarakat  untuk mencoba membaca pres release Anda.

Judul siaran pers setidaknya harus di bawah 160 karakter dengan spasi, sehingga pembaca dapat dengan cepat membaca sekilas tentang apa pengumuman tersebut dan menentukan apakah mereka ingin membaca.

5. Sertakan Paragraf Ringkasan yang Kuat

Paragraf pertama dalam pres release umumnya adalah paragraf ringkasan. Paragraf ini memiliki beberapa fungsi dan pedoman penting seperti :

  • Tidak lebih dari lima kalimat
  • Memberikan pembaca ringkasan informasi
  • Menarik perhatian pembaca untuk membaca rilis
  • Menarik perhatian jurnalis yang membaca banyak siaran pers
  • Menyertakan informasi berupa poin-poin untuk menarik perhatian
  • Menambahkan informasi yang paling menarik dan relevan beserta poin-poin utamanya

Ketika pembaca menemukan nilai dalam pres release di awal paragraf, maka pembaca cenderung melanjutkan informasi yang sudah Anda buat tersebut. Tentu hal ini bisa menjadi kesempatan Anda untuk menarik perhatian pembaca atau wartawan dan memastikan visibilitas pres release lebih tinggi.

6. Sertakan Informasi Penting untuk Ditulis

Dalam isi press release, Anda perlu memiliki beberapa detail yang sangat spesifik untuk membantu mempersempit target pembaca. Jadi, menentukan penerima informasi pres release itu amat penting karena target pembaca akan bermuara pada demografi lokal.

Press release dapat Anda sebarkan ke seluruh dunia, tetapi harus selalu dikaitkan dengan lokasi tertentu. Artinya, setiap pres release harus jelas menuliskan bulan, hari, tahun, kota dan provinsi untuk ditulis secara spesifik.

7. Gunakan Rumus 5W+1H Dalam Membuat Press Release

Seperti halnya konten berita, paragraf pertama yang berfungsi sebagai pembuka pres release harus mencakup enam elemen 5W+1 yakni :

  • Who: siapa yang diberitakan, milik siapa perusahaannya dan rilisnya tentang siapa?
  • What: apa topik Anda dan mengapa pembaca harus mempedulikannya?
  • Why: mengapa Anda memilih waktu ini untuk mengirimkan siaran pers dan bagaimana pengaruhnya terhadap pembaca?
  • When: kapan peluncuran produk atau acara lainnya berlangsung?
  • Where: di mana acara diadakan atau di mana perusahaan berada?
  • How: apakah rilis Anda membantu pembaca dan memberikan pengalaman berharga, dan bagaimana caranya?

8. Buat Isi Press Release Singkat Saja

Konten dalam paragraf pertama pres release harus diperluas ke bagian body atau isi. Batasi paragraf menjadi tiga atau empat kalimat dan pastikan semuanya saling berkaitan

Isi press release adalah kesempatan Anda untuk membagikan hal-hal menarik yang sedang terjadi pada perusahaan. Gunakan kutipan dari tokoh untuk memberikan kredibilitas pada pres release dan memberi pembaca pandangan objektif.

9. Buat Paragraf Penutup

Buat paragraf penutup pres release yang menarik perhatian pembaca dari awal hingga akhir. Setelah membuat informasi yang relevan, kredibel dan menarik di bagian isi, maka tutuplah pres release dengan kesimpulan yang meyakinkan.

Kesimpulan Anda adalah apa yang akan menjadi kata penutup dalam pres release. Penutup juga merupakan tempat untuk meletakkan informasi penting apapun yang tidak ada dalam isi rilis.

Paragraf penutup dari pres release Anda memberi pembaca ke langkah berikutnya, bisa berupa sesuatu yang sederhana seperti menghubungi PR, mengunjungi sosial media perusahaan atau mencoba produk baru.

10.  Tulis Contact Information

Nah, karena membuat pres release adalah cara untuk menarik perhatian khalayak dan media, maka pres release harus berisi informasi tentang cara menghubungi Anda. Sertakan setidaknya beberapa informasi kontak seperti berikut:

  • Nomor telepon
  • Alamat email
  • Tautan ke profil sosial perusahaan
  • Tautan ke situs web perusahaan

Pastikan Anda mengikuti semua 10 cara membuat press release (siaran persyang sudah disebutkan di atas agar bisa menarik media meliput perusahaan Anda atau membuat masyarakat mengunjungi sosial media dan mengklik situs perusahaan Anda.

Tinggalkan komentar